Hubungan Investor

Investasi Syariah

Selamat datang di halaman hubungan investor, di sini Anda akan mendapatkan sekilas profil kinerja Perseroan terakhir. Untuk aneka keperluan investor Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.

Dalam rangka pengembangan dan pengelolaan usaha, Bank telah menerapkan beberapa strategi dan kebijakan, di antaranya:

Aktivitas Utama
Di antara aktivitas utama Bank antara lain:
1. Menghimpun dana dari masyarakat baik dalam bentuk tabungan maupun deposito
2. Menyalurkan dana kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah, dan pegawai dengan prinsip jual beli (Murabahah), sewa (Ijarah), dan bagi hasil (Mudharabah dan Musyarakah)
3. Melakukan kegiatan sosial baik menggunakan dana yang bersumber dari Bank sendiri maupun dari nasabah yang dihimpun dalam bentuk zakat, infaq, dan shadaqah

Penghimpunan Dana
Sampai dengan tahun 2015 total dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun adalah sebesar Rp159,5 miliar dengan perincian sebagai berikut:

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Bank dalam rangka menghimpun dana diantaranya:
1. Memberikan tingkat bagi hasil yang bersaing & menguntungkan
2. Bekerjasama dengan UPTD, lembaga pendidikan, majelis taklim, Masjid/Musholla dan biro perjalanan haji & umroh
3. Intensifikasi dan ekstensifikasi promosi melalui brosur/pamflet, spanduk, media cetak, media elektronik, dan lainnya.
4. Pemberian bingkisan, souvenir dan hadiah kepada nasabah
5. Promosi melalui SMS gateway
6. Optimalisasi informasi melalui website, email, dan jejaring sosial
7. Bersinergi dengan BPRS “HIK” lainnya
8. Bekerjasama dengan BPRS dan Bank Umum Syariah/Unit Usaha lain

Penyaluran Dana
Sampai dengan tahun 2015 total penyaluran dana yang berhasil disalurkan adalah sebesar Rp148,4 miliar dengan perincian sebagai berikut:

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Bank dalam rangka menyalurkan dana diantaranya:
1. Memasarkan produk deposito dan tabungan sebagai bagian dari diversifikasi produk yang diharapkan akan memberikan pilihan alternatif bagi calon investor
2. Melakukan berbagai promosi dengan metode pemasaran deposito istimewa
3. Melakukan kerjasama pembiayaan dengan Bank Umum Syariah lain sehingga bank memiliki alternatif pendanaan dalam bentuk linkage program
4. Memberikan bingkisan dan souvenir kepada deposan potensial baik perorangan maupun lembaga
5. Lebih fokus kepada nasabah dan pemegang saham potensial

Kualitas Aktiva Produktif
Aktiva produktif perseroan pada tahun 2015 sebesar Rp180,8 miliar, terdiri dari pembiayaan diberikan sebesar Rp148,4 Miliar dan Rp32,4 Miliar berupa penempatan dana pada bank umum syariah/unit usaha syariah dan beberapa BPRS.

Berikut diuraikan kualitas pembiayaan yang diberikan BPRS HIK Bekasi berdasarkan kolektibilitas pembiayaan adalah sebagai berikut:

Nasabah yang masuk ketegori kurang lancar, diragukan dan macet pada tahun 2015 turun menjadi 290 nasabah dibandingkan pada tahun 2014 sebanyak 325 nasabah. Sedangkan dari sisi persentase NPF turun dari 4,94% pada tahun 2014 menjadi 4,44% pada tahun 2015.

Kategori 31 Desember 2015
Jumlah Nasabah Nominal (Rp)
Lancar 1,878 141.849.315
Kurang Lancar 40 1.130.918
Diragukan 50 1.696.197
Macet 200 3.758.550
Jumlah 2,168 148.434.981
Dalam rangka menekan nilai NPF, telah diupayakan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Melakukan langkah-langkah restrukturisasi sesuai dengan prospek usaha dan kondisi keuangan nasabah.
2. Penjualan jaminan pembiayaan bermasalah baik melalui lelang atau sukarela.
3. Mengatur kembali struktur organisasi di bagian remedial dan kolektor untuk meningkatkan kualitas penagihan.
4. Meningkatkan monitoring nasabah dan usahanya.
5. Kejasama dengan pengacara untuk penyelesaian pembiayaan bermasalah, terutama yang terkait dengan proses litigasi.

Pada tahun 2015, pembiayaan yang diberikan sebagian besar diserap oleh sektor perdagangan, properti, dan jasa. Sedangkan menurut penggunaannya, sebagian besar pembiayaan yang disalurkan adalah untuk modal kerja. Berikut adalah beberapa profil nasabah yang dibiayai pada 2015:

Permodalan
Pada Tahun 2015, sebagian besar pemegang saham mengambil bagian untuk penambahan saham dan berhasil diterima sebesar Rp2.368.700.000,- (dua miliar tiga ratus enam puluh delapan juta tujuh ratus ribu rupiah) berupa tambahan setoran modal dan tambahan agio sebesar Rp160.000.000,-. (seratus enam puluh juta rupiah). Dengan kondisi permodalan sebagaimana tersebut diatas, nilai CAR perseroan dapat dijaga sebesasr 14,3%.

Teknologi Informasi
Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada nasabah dan salah satu upaya mengikuti perkembangan teknologi informasi maka bank telah melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mempunyai aplikasi perbankan (Core Banking) yang terintegrasi dengan seluruh cabang secara on line dan real time bekerjasama dengan PT. Induk HIK dalam pemakaian tempat penyimpanan server (co-location) untuk sentralisasi data server yang bertempat di Gedung Telkom Karet Tengsin Jakarta.
  2. Bank juga telah melengkapi setiap kantor layanan dengan EDC bekerjasama dengan Bank Umum Syariah yang menyediakan layanan PPOB (listrik, pulsa, air, tiket, pembayaran angsuran leasing, dan lainnya).
  3. Implementasi HRMIS.
  4. Program make over website yang terus dikembangkan.
  5. Bank telah memiliki aplikasi yang menunjang kelancaran operasional diantaranya program payroll untuk penggajian karyawan, laporan bulanan untuk BI/OJK, laporan SID, laporan system bagi hasil.
  6. Sistem aplikasi yang dijalankan telah memenuhi standar akuntansi syariah.